Karakteristik Pair USDJPY

usd_jpy_flags

Pasangan mata uang US dollar dan Yen Jepang ini sungguh menarik untuk jadi pilihan instrumen trading, nah sekarang saya coba menguraikan apa saja sih ciri2 atau karakter dari pair ini?
Seperti yang kita ketahui bahwa Pair USD/JPY merupakan golongan mata uang yang gampang berfluktuasi. Sebab pemerintah jepang berusaha keras untuk menurunkan mata uangnya. Namun seperti apa sih karakter sesungguhnya dari USD/JPY yang belum diketahui banyak trader? Serta berapa pergerakan harian yang biasanya terjadi pada pair ini? Kita simak sama-sama berikut ini :
  1. Range USD JPY
    Yang saya perhatikan range USD JPY termasuk range yang sangat sedikit dan lamban. Coba saja kita bandingkan denga pair lain misalnya dengan GBP USD atau  GBP JPY, Range USD JPY jika kita ambil rata-rata sekarang ini 100-150. Bahkan sering USDJPY ditutup dengan range harga di bawah 100 point.
  2. Tipe Mata Uang
    Dari apa yang saya jelaskan pertama tadi tentang range USD JPY yang sangat pendek ini dapat juga diketahui bahwa Yen merupakan mata uang yang kuat ter hadap USD atau bisa dibilang lebih stabil terhadap USD, Apalagi dimasa krisis ini kita lihat yen terus menguat terhadap USD di banding dengan GBP EUR apalagi RUPIAH yang terus melemah terhadap USD, atau boleh dibilang yen merupakan tempat para investor untuk menyimpan uang karena mereka mengaggap yen mata uang yang aman dan lebih stabil dari yang lain.
  3. Swap rate
    Rate atau bunga, Bunga di yen atau di BOJ (Bank Of Japan) termasuk bunga yang paling rendah, di masa krisi ini bunga di BOJ hampir menyentuh 0% atau sekitar 0,3%. Dengan swap rate yang rendah ini dapat kita ambil gambaran bahwa di jepang uang benar-benar di peruntukan untuk sektor real, Dengan banyak nya uang di gelontorkan pada sektor real menjadikan jepang merupakan salah satu negera industri maju dan menjadi salah satu pengexpor terbesar didunia, export jepang terutama ke US, Bahkan di beberapa bahan bacaan expor ke US mencapai 80% dari total expor jepang.
  4. Pergerakan
    Dari ketiga alasan tadi maka mudah ditebak pergerakan USD JPY tidak liar tetapi cenderung sideway dengan range antara 60 – 70 poin. Cukup pendek bukan? tetapi tetap saja ketika terjadi rilis news di jepang atau US akan berdampak pada kenaikan votalitas market yang menyebabkan pair ini bergerak naik atau turun dengan tajam
Nah dari keempat alasan diatas maka kita dapat diketahui mengapa saya lebih memlih bertrading di pair USD/JPY :
  1. Bila kita memiliki Equity atau modal yang kecil atau perbandingan yang di tradingkan dengan cadangan equity hanya 200 poin maka bertrading pair USD JPY lebih aman, Karena dengan pergerakan yang relatif sedikit, Maka jika terjadi salah posisi dan kemungkinan harga berbalik ke posisi semula lebih tinggi.2. Jika kita menargetkan poin kecil dengan resiko rendah, Maka menurut saya ini adalah pair yang paling cocok. Dengan target 20 -30 poin dalam satu hari , Jika kita konsisten lumayan juga satu hari biasa nya kita bisa ambil 2 -3 kali posisi. Tapi saya pribadi hanya ambil satu kali posisi dalam sehari. Jika sudah dapat target poin hari itu maka saya akan berhenti.3. Pergerakan USD JPY lebih mudah terbaca dengan melihat karakternya yang cenderung sideway bisa di lihat pada time frame M15 dan H1

    4. Dalam kondisi normal jika kita melakukan open buy maka kita mendapatkan swap rate yang positip.

    Dari kesimpulan diatas itulah, Alasan saya untuk lebih memilih bertrading di pair USD/JPY yang menurut pendapat saya lebih aman. Pergerakannya lebih tenang dan yang jelas hati kita pun lebih tenang dan menciptakan suatu kenyamanan, kesempurnaan cintaaaaa!

Ada satu alasan tambahan lagi, kalu diperhatikan spread USD JPY lebih rendah dibandingkan dengan pair lain yang dengan CHF JPY, GPP JPY, EUR JPY, NDZ JPY maupun AUD JPY.
  • Jam aktif perdagangan : 14.00 – 22.00 WIB
  • Nilai per poin : $1.2 (mini) atau $12 (regular)

 

Author: Nugraha Adi Permana, S.H.

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: