Karakteristik Pair EURUSD

eur-usd-flags
Pasangan mata uang EURO dan US Dollar  ini merupakan pair yang paling banyak dipakai menjadi instrumen trading di dunia, nah sekarang saya coba menguraikan apa saja sih ciri2 atau karakter dari pair ini?
Dalam dunia Forex ada cukup banyak trader menganalisa tanpa menggunakan indikator sekalipun dan tanpa alat bantu seperti fibo dan segala sebagainya. Mereka adalah trader yang memang mengamati penuh pergerakan pair dari waktu kewaktu sehingga mereka melihat bagaimana suatu pair itu bergerak, bereaksi terhadap news dan bagaimana keadaan yang sedang tidak terlalu aktif. Pengamatan yang cukup mendalam tentu tidak memakan biaya yang sedikit, pengorbanan yang besar dilakukan demi tujuan untuk meraih profit.

Dan berikut ini karakteristiknya :

  1. Gerakan EU mingguan, jika downtren maka EU akan cenderung mencari high mingguan pada hari senin-selasa dan paling cepat terbentuk high berada di Open market eropa selasa. Dengan kenaikan berkisar 50-100 point dari Open Daily Minggu tersebut. Downtren terjadi berkisar hari rabu-kamis paling cepat open market eropa hari rabu. Penurunan mingguan tersebut berkisar 50-500 point. (jika uptrend tinggal di balik saja).
  2. Jika EU uptren pada saat Open market USA sampai dengan tutup market eropa maka pada tutup market eropa sampai dengan open market sydney EU biasanya akan mengalami koreksi mulai 5-20 point. (sebaliknya begitu kalau downtrend).
  3. Range pergerakan dari open market sydney sampai dengan open sesi london cenderung 10-38 point dari Open daily hari tersebut.
  4. Pada hari selasa-Rabu biasanya EU akan kembali pada Open Daily Selasa. Misal Eu hari selasa open daily price 1000 dan selama selasa itu down sampai 800 mka hari rabu insyallah mengejar ke 1000 kembali maka kita open posisi buy di low.
  5. Waktu-waktu korkesi biasanya Hari senin-selasa dan Jum’at jika mingguan. Minggu ke 3 jika bulanan6. Senin dan minggu ke 1 adalah hari pembentukan karakter market sedangkan jum’at adalah hari dimana melawan trend pada minggu tersebut.
  6. Jam koreksi 16:00 sampai dengan 19:30 WIB . Jika jam open sampai jam koreksi, up maka jam tersebut sell begitu juga sebaliknya TP berkisar 5-20 Point.

Ingat ini hanya kecenderungan behavior dan tidak selalu sama dalam tiap waktunya terkadang perilakunya tidak sama pada saat tertentu.

  • Rata-rata pergerakan harian: 75 – 150 poin
  • Jam aktif perdagangan : 14.00 – 22.00 WIB
  • Nilai per poin : $1 (mini) atau $10 (regular)

Author: Nugraha Adi Permana, S.H.

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: